قال رسول الله ﷺ
ﺧﻴﺮﻛﻢ ﻣﻦ ﺗﻌﻠﻢ اﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﻋﻠﻤﻪ
رواه اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﻋﻔﺎﻥ
Telah bersabda Rosululloh saw:
Orang terbaik diantara kalian adalah orang yang belajar Al-Qur,an dan mengajarkannya
(HR. Bukhori)
Oleh sebab itu kita jangan malu dan sungkan untuk terus belajar Al-Qur,an karena kita telah menjadi orang yg terbaik
Sering2lah peraktek membaca Al-Qur,an sesuai tuntunan Ilmu Tajwid
Karena dizaman sekarang ini banyak sekali orang-orang yg baca Al-Qur,an hanya asal jalan tidak memperhatikan makhroj, waqof dan cara mewasholkan
TENTANG لكنا DALAM SURAT AL-KAHFI AYAT 38
Jumhur membacanya tanpa alif (tidak panjang) ketika washal sedangkan ibn Amir, Abu Ja'far dan Ruwais dari Ya'qub membacanya dengan alif (panjang) ketika washal. Lafadz " لكنا " dengan alif ketika washol menurut syammiy, sedang ulama' lain tanpa alif dan dengan alif pada waktu waqof menurut kesepakatan ulama'. Asalnya " لكنا " adalah " لكن أنا " kemudian hamzahnya dibuang dan harokatnya dipertemukan ke nun lafadh " لكن " maka bertemulah dua nun, kemudian nun yang pertama setelah disukun diidghomkan kepada nun yang kedua, menjadi " لكنا ". Wallohu A'lam.
~ Tafsir An-nisfiy :
ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﻣﺤﻤﻮﺩ ﺍﻟﻨﺴﻔﻲ
ﻟﻜﻨﺎ ﻫﻮ ﺍﻟﻠﻪ ﺭﺑﻲ ﻭﻻ ﺃﺷﺮﻙ ﺑﺮﺑﻲ ﺃﺣﺪﺍ
ﻟﻜﻨﺎ ﺑﺎﻷﻟﻒ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﺻﻞ ﺷﺎﻣﻲ ، ﺍﻟﺒﺎﻗﻮﻥ ﺑﻐﻴﺮ ﺃﻟﻒ ﻭﺑﺎﻷﻟﻒ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﻗﻒ ﺍﺗﻔﺎﻕ ، ﻭﺃﺻﻠﻪ "ﻟﻜﻦ أنا " ﻓﺤﺬﻓﺖ ﺍﻟﻬﻤﺰﺓ ﻭﺃلقيت ﺣﺮﻛﺘﻬﺎ ﻋﻠﻰ ﻧﻮﻥ " لكن " ﻓﺘﻼﻗﺖ ﺍﻟﻨﻮﻧﺎﻥ ﻓﺄﺩﻏﻤﺖ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﻓﻲ ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﺑﻌﺪ ﺃﻥ ﺳﻜﻨﺖ ﻫﻮ ﺍﻟﻠﻪ ﺭﺑﻲ " هو " ﺿﻤﻴﺮ ﺍﻟﺸﺄﻥ ، والشأن : ﺍﻟﻠﻪ ﺭﺑﻲ ، ﻭﺍﻟﺠﻤﻠﺔ ﺧﺒﺮ " ﺎﻧﺃ " ﻭﺍﻟﺮﺍﺟﻊ ﻣﻨﻬﺎ ﺇﻟﻴﻪ ﻳﺎﺀ ﺍﻟﻀﻤﻴﺮ ﻭﻫﻮ ﺍﺳﺘﺪﺭﺍﻙ ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺃﻛﻔﺮﺕ ، ﻗﺎﻝ ﻷﺧﻴﻪ : ﺃﻧﺖ ﻛﺎﻓﺮ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻟﻜﻨﻲ ﻣﺆﻣﻦ ﻭﻣﻮﺣﺪ ﻛﻤﺎ تقول : ﺯﻳﺪ ﻏﺎﺋﺐ ﻟﻜﻦ ﻋﻤﺮﺍ ﺣﺎﺿﺮ ﻭﻓﻴﻪ ﺣﺬﻑ ﺃﻱ : ﺃﻗﻮﻝ ﻫﻮ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺪﻟﻴﻞ ﻋﻄﻒ ﻭﻻ ﺃﺷﺮﻙ ﺑﺮﺑﻲ ﺃﺣﺪﺍ
~ Tafsir Attahrir wattanwir 32/97 :
وقوله )لكنا هو الله ربي( كتب في المصحف بألف بعد النون. واتفق القراء العشرة على إثبات الألف في النطق في حال الوقف، وأما في حال الوصل فقرأه الجمهور بدون نطق بالألف، وقرأه ابن عامر وأبو جعفر ورويس عن يعقوب بإثبات النطق بالألف في حال الوصل، ورسم المصحف يسمح بكلتا الروايتين.
والله أعلم بالصواب
MEMBACA AL-QUR'AN TANPA NIAT
membaca qur'an tanpa niat tetap dapat pahala karena membaca al-qur'an tidak membutuhkan niat dan membaca qur'an itu sudah pasti jadi ibadah oleh karena itulah tidak membutuhkan niat. Di antara ibadah lainnya yang tidak membutuhkan niat adalah baca dzikir, sedekah sunnah, mengubur mayyit, membayar hutang, mengembalikan titipan, adzan, menunjukkan jalan, menghilangkan duri dari jalan dan ibadah lainnya yang disyare'atkan untuk kemaslahatan. Wallohu A'lam Bis showab.
Lihat kitab al mantsur fil qowaid (3/288) :
وقال الشيخ عز الدين لا مدخل للنية في قراءة القرآن والأذكار وصدقة التطوع ودفن الميت ونحوها مما لا يقع إلا على وجه العبادة وكذا قال صاحب الإقليد أداء الدين ورد الوديعة والأذان وتلاوة القرآن والأذكار وهداية الطريق وإماطة الأذى ونحوها من الأعمال لا يحتاج إلى نية وأما قوله صلى الله عليه و سلم إنما الأعمال بالنيات فالمراد به الأعمال التي تقع تارة طاعة وغير طاعة أخرى بدليل ذكر الهجرة في سياق الحديث وأما هذه القربات ونحوها مما شرع لمصلحة عاجلة قصدا أو كان بصورته عبادة فعدم وجوب النية فيها لعدم إرادتها أو لخروجها عن الإرادة حسا كصورة العمل إن قيل بعموم الأعمال للطاعة والقربة انتهى