1.
Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa
angkutan umum di negara kita tidak membatasi penumpang laki-laki atau
perempuan, sehingga terjadilah percampuran diantara mereka dalam satu
kendaraan.
Pertanyaan :
a. Apakah perjalanan
tersebut dikatakan Madzinnatul Ikhtilath (Tempat disangkanya
percampuran laki-laki dan perempuan) ? Dan bagaimana hukumnya perjalanan dengan
menggunakan angkutan umum tersebut ?
b. Apakah
yang harus dilakukan oleh si Musafir ketika hal tersebut terjadi
ditengah perjalanan (turun atau meneruskan perjalanan) ?
c. Apakah
hal itu bisa menggugurkan kewajiban bepergian (seperti membayar hutang , Nadzar
atau Walimatul Ursyi) ?
(DEMU
MGS Sarang)
Jawaban a :
Termasuk Madzinnatul
Ikhtilath. Dan hukumnya di tafsil / perinci sebagai berikut :
1. HARAM
dan termasuk dosa besar apabila yakin akan adanya fitnah (seperti berciuman, bersentuhan,
berpacaran, dan lain lain).
2. HARAM
yang bukan termasuk dosa besar apabila ada prasangka kuat akan terjadinya
fitnah.
3. MAKRUH
apabila ada kekhawatiran akan terjadinya fitnah.
4. MUBAH
(Boleh) apabila yakin tidak adanya fitnah.
Referensi :
1. Ihya’
‘Ulumuddin Juz IV Hal. 36.
2. I’anatuth
Tholibin Juz III Hal 263.
3. Al
majmu’ Juz IV Hal. 484.
4. Is’adurrofiq
Juz II Hal. 67 dan 136.
1- وفى احياء علوم الدين للإمام الغزالى
مانصه :
وتحصل مظنة المعصية ونعنى بالمظنة ما يتعرض
الإنسان به لوقوع المعصية غالبا إهـ.
2-وفى إعانة الطالبين
للعلامة أبى بكر السيد بن محمد شطا الدمياطى مانصه :
قال ابن الصلاح : وليس المعنى بخوف الفتنة
غلبة الظن بوقوعها بل يكفى أن لايكون ذلك نادرا إهـ.
3-وفى المجموع للامام زكريا
محي الدين بن شرف النووى مانصه :
وقد نقل ابن المنذر وغيره الإجماع على أنها
لو حضرت وصلت الجمعة جاز وقد ثبتت الأحاديث الصحيحة المستفيضة ان النساء كن يصلين
خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم فى مسجده خلف الرجال ولأن اختلاط النساء بالرجال
إذا لم يكن خلوة ليس بحرام إهـ.
4-وفى
إسعاد الرفيق للشيخ محمد بن سالم بن سعيد با بصيل الشافعى ما نصه :
{خاتمة} من أقبح
المحرمات وأشد المحظورات اختلاط الرجال بالنساء فى الجموعات لما يترتب على ذلك من
المفاسد والفتن القبيحة إهـ.
5- وفى اسعاد الرفيق للشيخ
محمد بن سالم بن سعيد با بصيل الشافعى مانصه :
قال فى الزواجر وهو من الكبائر لصريح هذا
الحديث وينبغى حمله ليوافق قواعدنا على ما اذا تحققت الفتنة أما مجرد خشيتها فإنما
هو مكروه ومع ظنها حرام غير كبيرة كما هو ظاهر إهـ.